Beras Basmati VS Beras Biasa

Banyak orang yang bertanya “Apa sih beda nya antara beras basmati dengan beras biasa (lokal) ? Apa keistimewaan dari beras basmati ini kok harganya lebih tinggi dari beras biasa?” dan pertanyaan-pertanyaan lainnya yang sudah masuk ke kami.

Baik, di artikel kali ini, Kami dari berasbasmati.id akan mencoba menjawab pertanyaan ini yang belum atau terlewat untuk dibahas di artikel-artikel sebelumnya.

Oke, apa bedanya beras basmati dengan beras biasa? Atau bisa dengan kata lain Beras Basmati VS Beras Biasa.

Beras basmati, seperti di artikel-artikel sebelumnya, yang bisa Anda baca di Menu Blog pada website berasbasmati.id, bahwa beras basmati ini memiliki ciri fisik yang berbeda dengan beras biasa atau beras pada umumnya.

Diantaranya adalah bulirnya pada beras basmati ini lebih panjang dari beras biasa.

Apalagi ketika beras basmati ini sudah selesai Anda masak. Perbedaannya semakin kelihatan dan mencolok, dibandingkan dengan beras biasa.

Pada beras biasa itu cenderung kalo setelah dimasak itu cukup lengket (bulir-bulirnya tidak memisah satu sama lain).

Jika belum dimasak bulir-bulirnya juga lebih kecil dan montok.

Sedangkan beras basmati sebelum dimasak itu sudah kelihatan lebih panjang, dan ketika sudah dimasak akan bertambah panjang, sedikit lebih pera (bulir-bulirnya terpisah, atau tidak menyatu), dan memiliki aroma yang lebih wangi.

Apalagi jika beras basmati ini dimasak dengan rempah-rempah khas dengan ditambah daging ayam, kambing, atau sapi, akan terasa banget gurihnya nasi dari beras basmati ini.

Oleh sebab itulah, akhirnya beras basmati ini kerap dijadikan sebagai bahan utama masakan-masakan Arab atau Timur Tengah seperti Nasi Kabsah, Nasi Mandhi, Nasi Bukhori, Nasi Kebuli, dan lain sebagainya. Dimana masakan-masakan tersebut kaya akan rempah-rempah.

Berikut salah satu foto beras basmati ketika belum dimasak dan sudah selesai dimasak :

beras basmati vs beras biasa
Berikut ini beberapa contoh Beras Basmati setelah selesai dimasak:
beras basmati vs beras biasa
beras basmati vs beras biasa
beras basmati vs beras biasa

Nah, selain itu, dari segi harganya beras basmati ini dibandrol dengan harga yang lebih tinggi daripada beras-beras biasa (lokal). Kenapa lebih tinggi?

Karena selain dengan kaya akan kandungan dan manfaatnya, beras basmati ini pun juga termasuk beras import yang berasal dari India dan Pakistan. Tidak ditanam oleh petani-petani lokal yang asli Indonesia. Karena khabarnya, beras basmati ini hanya bisa ditanam di Kaki Pegunungan Himalaya saja. Oleh karenanya, sudah semenjak berabad-abad lalu, beras basmati tetap dipertahankan ditanam di kaki Pegunungan Himalaya.

Ya walaupun berdasarkan informasi dari Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BB Padi), Badan Litbang Pertanian, katanya mereka sudah berhasil merakit varietas padi khusus tipe Basmati yang diberi nama Baroma. Akan tetapi, sampai detik ini permintaan beras basmati dari India ini tetap bertambah terus dan semakin diminati. Bahkan sampai berton-ton orang order beras basmati dari India ini.

Ya mungkin karena, beras basmati asli India ini sudah lebih awal muncul, dan sudah banyak dikenal oleh banyak orang sebagai bahan utama dalam masakan kuliner Timur Tengah yang sudah sangat familiar di tengah-tengah masyarakat.

Apalagi saat ini sudah mulai banyak bermunculan resto-resto Arab dan Timur Tengah di Indonesia yang menyediakan berbagai varian masakan-masakan khas Arab dan Timur Tengah.

Seperti usaha salah satu Customer kami dari Blitar Yaitu Pak Mustakim Khalel. Beliau mempercayakan kepada kami berasbasmati.id untuk menyuplay kebutuhan beras basmati untuk usahanya di bidang kuliner Timur Tengah.

Sedangkan untuk beras biasa, dia harganya lebih murah dibandingkan dengan beras basmati. Dan jika dari segi kandungan dan manfaatnya, juga lebih banyak beras basmati dibandingkan dengan beras biasa. Salah satunya saja yaitu bagi penderita diabetes.

Untuk orang diabetes, justru sangat direkomendasikan untuk mengkonsumsi beras basmati dibandingkan dengan beras biasa. Kenapa? karena beras basmati ini kadar glukosanya rendah sehingga lebih aman bagi penderita diabetes.

Untuk detail kandungan dan manfaat beras basmati ini bisa dilihat disini :

Serta bisa juga Anda baca artikel-artikel lainnya terkait beras basmati di Website ini.

SebelumnyaTanaman Beras Basmati
SelanjutnyaJual Beras Kebuli